Apa Itu Anti Aliasing Dalam Game ???



 Pernah kah anda bermain video game ???, Jika iya psti anda tidak asing lagi dengan yang namanya Anti Aliasing. Anti Aliasing adalah sebuah pengaturan grafis dalam video game, agar grafis yang awalnya terlihat kurang halus bisa menjadi lebih halus. Anti Aliasing juga berpengaruh terhadap performa dari game yang kalian mainkan, semakin tinggi Anti Aliasing yang kalian gunakan tentu saja membutuhkan hardware atau perangkat yang mumpuni agar dapat menjalankan Anti Aliasing dengan baik tanpa mengganggu performa dari game yang kalian mainkan. Terdapat beberapa jenis Anti Aliasing yang dapat anda gunakan ketika anda bermain game yaitu :

1.FXAA(Fast Approximate Anti Aliasing)                                       Yang pertama ada FXAA yaitu Anti Aliasing yang memiliki keunggulan dalam kecepatannya karena tidak banyak menggunakan komputasi, sehinggatidak terlalu membuat kinerja hardware menjadi lebih berat.

2.SSAA(Super Sample Anti Aliasing)                                                Yang kedua ada SSAA yaitu Anti Aliasing yang dapat mengurangi efek bergerigi pada tepi objek dalam video game yang kadang objek pada game tersebut tidak halus dan terlihat pixel yang berantakan atau bergerigi.

3.MSAA(Multi Sample Anti Aliasing)                                                Yang terakhir ada MSAA yaitu Anti Aliasing yang hampir mirip dengan FXAA hanya saja MSAA memiliki keunggulan dimana bukan hanya objek bergerigi saja yang terlihat lebih halus, tapi juga dapat meningkatkan kualitas dari objek pada video game yang dimana obejek yang tadinya terlihat kurang bagus menjadi bagus. namun hardware yang digunkan harus hardware High End atau hardware yang mumpuni karena MSAA ini banyak menggunakan Ram dan VRam pada Kartu Grafis atau VGA yang kalian gunakan.

Itulah tadi penjelasan singkat tentang Anti Aliasing yang sering digunakan dalam video game semoga tulisan ini dapat berguna dan bermanfaat buat kalian semua.

Comments